Influenza adalah infeksi saluran napas yang disebabkan oleh virus influenza. Virus ini ada tiga tipe yaitu A, B, dan C, namun hanya dua tipe (A dan B) yang menyerang manusia. Mengapa virus ini sering menggemparkan?

Virus influenza memiliki keistimewaan yaitu mudah bermutasi. Berbagai jenis virus influenza telah dikenal diseluruh dunia misalnya influenza A (H1N1), influenza A (H3N2), atau influenza B terdeteksi secara umum di berbagai belahan dunia. Namun, pada beberapa kasus, virus ini bermutasi menyebabkan perubahan sifat hingga dapat menyebabkan influenza berat yang mengancam jiwa pada manusia, misalnya influenza A (H5N1) yang sering disebut flu burung.

Proses penularan

Virus influenza menular dari orang ke orang, atau dari binatang ke orang, namun umumnya dari orang ke orang. Virus ini menyebar lewat transmisi droplet berukuran besar di saluran napas (misalnya orang sakit yang batuk atau bersin). Penularan ini membutuhkan kontak erat dari yang menularkan ke orang ditularkan, misalnya tinggal satu rumah atau berdekatan, karena droplet ini hanya menyebar jarak dekat, sebelum menempel ke permukaan. Setelah menempel di permukaan, virus ini masih mungkin menyebar dari tangan satu orang ke orang lain secara tak langsung.

Kebanyakan orang dewasa yang terkena influenza akan menularkan kepada orang lain sehari sebelum gejala muncul sampai 5-7 hari setelah gejala. Namun, kebanyakan bisa menularkan tiga hari setelah muncul gejala. Tetapi, orang dengan gejala berat atau yang dirawat di rumah sakit bisa menularkan hingga 10 hari setelah gejala muncul.

Gejala influenza

Influenza yang umum tanpa komplikasi dicirikan dengan gejala dan tanda yang mendadak seperti demam mendadak tinggi, nyeri otot, sakit kepala, tidak enak badan, bisa disertai batuk tidak berdahak, sakit saat menelan, pilek, hingga muntah. Gejala pada anak-anak bisa lebih luas dampaknya bahkan hingga diare, mual, dan muntah. Influenza dapat sembuh sendiri, namun pada mereka dengan daya tahan lemah atau jenis virus yang khusus, gejala bisa begitu berat hingga perlu perawatan rumah sakit.

Siapa perlu imunisasi influenza?

Rekomendasi American Academy of Pediatrics untuk influenza musiman (seasonal influenza):

  • Semua anak, termasuk bayi prematur, yang berusia enam bulan atau lebih dengan kondisi yang meningkatkan risiko komplikasi influenza, misalnya anak dengan penyakit kronik seperti asma, diabetes, penyakit jantung, gangguan daya tahan tubuh, gangguan saraf atau tumbuh kembang.
  • Orang dewasa yang merawat anak dengan risiko tinggi (tersebut di atas) atau mereka yang merawat anak-anak di bawah lima tahun, terutama bayi di bawah enam bulan.
  • Semua petugas kesehatan
  • Semua wanita hamil, ingin hamil, setelah melahirkan, atau sedang menyusui pada musim influenza
  • Mereka yang berusia 50-65 tahun.
  • Tinggal di rumah penitipan yang juga merawat orang sakit

 

Sumber :

  • http://www.anakku.net/mencegah-influenza-mengapa-tidak.html
  • https://parenting.dream.co.id/diy/jangan-biarkan-anak-yang-terkena-flu-bersekolah-ini-alasannya-190219o.html