Dalam semangat Pekan ASI yang tahun ini bertema “Bekerja dan Menyusui, Ayo Dukung”, artikel ini mengulas tentang ibu menyusui yang akan kembali bekerja. Pertanyaan atau kalimat terkait pemberian nutrisi tepat yang sering muncul sehari-hari di antaranya seperti “Dok, saya akan kembali bekerja minggu depan, jadi susu formula apa yang cocok untuk anak saya?”, “Sampai berapa lama saya harus menyusui?”, ataupun “Kenapa harus ASI?”

Mendapatkan ASI merupakan hak azasi bagi setiap bayi, karena ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Air susu ibu mengandung zat gizi yang paling sesuai dengan kebutuhan bayi yang sedang dalam tahap tumbuh kembang terutama pada 2 tahun pertama. ASI eksklusif diberikan selama 6 bulan, setelah itu diperlukan juga makanan pendamping ASI. Jadi meskipun ibu kembali bekerja saat usia bayi sekitar 2 bulan, seharusnya bayi masih tetap mendapat haknya utk diberi ASI.

Susu manusia spesifik untuk manusia. Air susu ibu adalah suatu cairan biologis yang dinamis dan kompleks, terdiri dari lebih dari 200 zat aktif termasuk imunoprotektor, enzim, hormon, vitamin, faktor pertumbuhan dan faktor lainnya  yang sama baiknya dengan nutrisi/ zat esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Komposisi ASI selama menyusui, berubah dari hari ke hari sesuai dengan kebutuhan bayi untuk pertumbuhan. ASI pada hari-hari pertama, sekitar 3-5 hari pertama, disebut sebagai kolostrum. Selanjutnya sampai hari ke-11 disebut sebagai ASI transisi, dan setelahnya disebut ASI matur. ASI dari ibu yang melahirkan bayi prematur sesuai dengan kebutuhan bayi prematur, begitu juga  dengan ibu yang melahirkan cukup bulan, ASI yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan bayi cukup bulan. Karena komposisinya paling sesuai dengan pencernaan bayi, ASI merupakan cairan hidup yang dibutuhkan semua bayi terutama bayi sakit atau bayi prematur karena fungsi saluran cerna yang belum berkembang sempurna.

Berikut adalah tabel perbedaan komposisi ASI dengan susu segar dan susu formula.

Tabel 1. Perbedaan antara ASI, susu sapi, dan susu formula

Sumber: Konseling menyusui : Pelatihan untuk tenaga kesehatan. Manual Peserta. Kerja sama WHO/UNICEFBK.PP-ASI Januari 2003.

 

Jadi selain faktor nutrisi, ASI mengandung faktor kekebalan tubuh dan faktor pertumbuhan yang tidak dimiliki oleh susu sapi atau susu formula.

Bagaimana bila ibu harus kembali bekerja?

  • Mulai menabung ASI sejak 1 bulan sebelum kerja
  • ASI dapat disimpan di dalam lemari es selama 3 hari dan dalam freezer selama 3 bulan
  • Di tempat kerja, perah setiap 3 jam
  • Bawa cooler box
  • ASI yang belum diperah, tidak basi

Simpulan

  • ASI tetap merupakan makanan terbaik untuk bayi
  • Ibu bekerja bukan alasan untuk tidak dapat memberikan ASI eksklusif
  • ASI dapat diperah dan disimpan
  • Ibu bekerja membutuhkan DUKUNGAN, RUANGAN dan KESEMPATAN untuk memerah ASI di tempat kerja sehingga pemberian ASI eksklusif tetap bisa diwujudkan

 

Penulis : Naomi Esthernita F. Dewanto
Ikatan Dokter Anak Indonesia
Artikel pernah dimuat di Kompas, Kolom Klasika, tanggal 23 dan 30 Agustus 2015